Manisan Pepaya

manisan pepaya Bahan:
1 kg buah pepaya mengkal, kupas, potong-potong
1 liter air + 1 sendok makan air kapur sirih

Sirup:
400 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
100 ml air
1 sendok makan air jeruk nipis
Pewarna merah, hijau

Cara membuat:

  1. Pepaya direndam larutan air kapur sirih selama 2 jam. Cuci, tiriskan.
  2. Masak gula, garam, air sampai mendidih. Angkat. Biarkan dingin.
  3. Masukkan pepaya. Biarkan 4 jam.
  4. Pisahkan pepayanya. Masak air gula sampai kental. Masukkan air jeruk. Masukkan pepaya kembali. Aduk-aduk. Angkat. Biarkan semalaman sampai pepayanya manis.
  5. Jika suka, beri pewarna merah atau hijau.

Sumber: Aura Lezat Sehat 13 (gambar dan resep)

About these ads

30 Tanggapan

  1. Aku jd malu masuk gak kulon won .. mbak Dwi yg punya blog ini. Trim’s ya resepnya.

  2. wah enak banget nih … !!!
    nyam nyam nyam …

  3. Jd pengen bt…

  4. wahhh, pengen cepat2 nyoba nih

  5. Terima kasih atas segala info terkait dengan manisan buah pepaya. Insya Allah, info Anda saya praktikkan sebagi peluang usaha di tempat saya, di Ngawi. Sekali lagi, terima kasih.

  6. udah lama si……………
    pengen nyoba buat
    tapi takut salah
    kali ini yakin dech langsung buat

  7. berapa ukuran gula dan garamnya juga air kapurnya

  8. mba, emang harus pakai air jeruk ya mba?

  9. maksih buat ilmunya

  10. wah,,aku uda coba bikin dirumah.rasa na enak.. thx y

  11. ternyata gampang ya buatnya..
    Mau coba ah…

  12. trima kasih mbak atas resepnya saya jadi kepengen membuat,enak kaleee ya??

  13. I like it

  14. wow enak banget manisannya setelah saya coba wow sangat enak

  15. Sayaa mw mencoba nya thanks info nya

  16. lezatttt.

  17. Itu bisa awet gak?

  18. Kebetulan di pekarangan rumah banyak pohon pepaya.

  19. Alhamdulillah, bsa tmbah” buat camilan di rumah..hhee..

  20. kalau gk pake pewarna gk apa” tw apa” ??

  21. mks yo resepnya

  22. Enaek bangeat ek

  23. Minta izin untk mempelajari resep ini,InsyaAllah akan dipraktekan….Moga Allah memberikan keberkahan pada Anda.terima kasih.:)

  24. matur sembahnuwun dalem bade nyobi,mugi2 amal penjenengan puntapi engkang kwaos ammin2 yrbl almn.

  25. ok i like this

  26. tuliskan donk ciri ciri fisik buah yang bagus

  27. Bagus mana pepaya muda dengan yang tua untuk di jadikan manisan ?

  28. Manisn pepaya kering g mn crany?

  29. makasih resepnya,kemarin baru nyoba kayak nya kurang bener.ngrendem kapur sirihnya kurang lama n pepayanya tak rebus lama banget jadi lembek dalemnya

  30. jadi pengen membuat manisan pepaya dirumah sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: