Coto Makassar

coto makassar Bahan:
1 kg daging sapi
1 ruas lengkuas
3 batang serai
1 sdt merica
1 sdt ketumbar
1/4 kg kacang tanah
1/2 buah kelapa (ambil santannya)

2 butir telur
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

  1. Rebus daging sapi hingga empuk, angkat lalu iris kecil-kecil dan sisihkan.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali kacang tanah dan kelapa.
  3. Sangrai kacang tanah lalu dihaluskan dan sisihkan.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum, lalu masukkan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan, lalu tumis kembali hingga kering.
  5. Didihkan kaldu daging lalu masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, kemudian masukkan santan dan telur. Aduk terus hingga matang.
  6. Masukkan daging sapi yang telah diiris kecil-kecil, aduk kembali hingga matang.
  7. Angkat setelah matang. Siap disajikan dengan ketupat atau buras.

Sumber: Paras/No.42/Tahun IV/Maret 2007 (gambar dan resep)

About these ads

24 Tanggapan

  1. benar, itu adalah bu,bu coto makassar. namun saya pernah coba coto makassar yang betul-betul enak. bahkan lebih enak daripada coto yang ada di mal ambasador jakarta. rasamya asli seperti berada di makassar. nama warungnya adalah coto makassar bu tati di taman narogong indah bekasi. sesama turis kuliner, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang lainnya. silahkan mencoba

  2. sorry, kayaknya resep ini salah deh…coto makassar tidak pake santan lagi.
    krn aku orang makassar. jadi tw…resep masakan coto makassar.

  3. Yg enak yg mana neh? Yg pake santan atau tanpa santan. Sy mau nyoba neh tp yg mana?

  4. wah…….. klo pengen rasa coto asli datang aja ke makassar(klo ada waktu )
    banyak kok di mks, salah satunya Coto Paraikatte di jln A.P.Pettarani
    salam kuliner

  5. ato coba yang di jalan urip….deretan toyota…..coto maros…mantap!!!!

  6. Kalo mao nyobain yg mak nyoooss dateng aja di Jl. Ampera Raya Cilandak Jakarta Selatan. Coto Makassar DAENG MEMANG (seberang SMU Sumbangsih/ samping bilyard Slingshots)…. pejabat2, artis2 sudah banyak yang pesan disana. pokoknya….coba deh…

  7. Kayanya menurut pengalaman saya resep ini maaih byk kurang bahan dan bumbunya seperti jahe jinten sangrai merica daun salam kacang tanah sangrai alus, dan bahannya gak hy daging lo tp jg jerohan,
    U masalah santan memang ada yg pake santan tapi tanpa melupakan kehadiran kacang tanah sangrai, tp tetep paling enak tanpa santan.

  8. Jgn Lupa, coto makasar khas dengan rasa air tajin. Bukan santan.. Setau saya sbgai anak asLi bugis makassar kayak gitu

  9. aq orang makasar asli.. klo setau ku resep coto makasar yg turunan keluargaku bertahun2, ga pake telur, apalagi santan.. pake air bekas cucian beras,, dan jeroan sama daging sapi nya dipisah masaknya, karna yg dipake cuma kaldu sapi nya.. kaldu jeroan amis, dan berbau.. semakin banyak sereh sama lengkuas makin gurih.. asal gak brlebihan.. takaran 1,5kg daging +jeroannya= 250gram kacang tanah sangrai… semoga mbantu..^^

  10. wah, ini yang pada ngaku org makassar aja pendapatnya beda2. bingung…

    • Saya orang bugis mandar asli,tp masakan makassar saya tau banget kan itu khas sul-sel jd masih satu rasa n selera nusantara,˚◦•‎​♓ε•◦˚:D♓ε˚◦•=)) ♓ε•◦˚ yg saya liat Sama sebenernya resep yg ada di komen,cuma fersi pengolahan bahannya aja yg beda.kan selera lidah kadang beda2.ok

  11. Ini resep soto kudus kale….!resep coto mks ngga pake santen,air cucian beras n bumbunya banyak rasa utama yg khas rasa tauco.saya tau karna punya lestoran masakan makassar di gading. Sy yg masak sendiri so saya tau.

    • Assalamualaikum.. ibu bapa sya org bugis dr Pangkep. Sya suka makan coto makassar ni tp ngak tau cara masaknya… Miss Niza Amirrudin, bleh tolong bg resep nya ngak.. Sya tinggal d Malaysia.. Trima kasih ya

  12. aku mau eksperimen wad cto mkssar.. trimz arsip nya mbntu sya..

  13. bukannya pake cengkeh, pala & kluwak tambahannya….dan memang bukan pake santan, tapi air cucian beras….sy pernah coba cotto makassar yang di Jl. Gagak makassar….

  14. kalo di jakarta yang enak ya di rumah makan pelangi, jl wahid hasyim jakarta pusat…. selamat mencoba :)

  15. aku orang jawA,tapi lingkungan rumahku banyak orang bugis…perna di ajari,resep bikin coto makasarnya ga pake santen..agar kental kuah si coto pake cucian air beras yng ke 2…cucian pertama buang kotoran beras dulu….nah cucian ke 2 bisa digunakan…
    rasanya lebi enak drpd pk santan…

  16. Setahuku, belum pernah saya menjumpai coto makassar yang betul2 enak di Balikpapan…semuanya encer…bah..hambar lagi…

  17. dalam sejarah coto makassar,ga ada dan ga pernah pake yg namax santen,yg ada pakex air tajin,dan ini bumbux ga lengkap…ini pasti salah resep nich.sy org bugis dn sy tau bikin coto makassar, krn coto makassar adalah salah satu makanan khas sulawesi slatan yg enak bgt..

  18. Saya memang bukan org Bugis tapi sy prnah denger kalau coto makasar gx pake santan tpi pake air tajin/air cucian beras dan bumbunya banyak rasa dan bumbu di atas kurang banyak

    MAKASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: