Es Pisang Ijo

Es pisangijo Bahan:
2 lembar daun suji
1 buah pisang kepok
150 gram tepung beras
150 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
Sirup khas Makassar (cap pisang ambon)
Susu kental manis

Cara membuat:

  1. Rebus pisang kepok sampai matang.
  2. Daun suji ditumbuk, beri sedikit air lalu diperas (ambil warnanya)
  3. Campur tepung beras dan terigu salam air mendidih, aduk-aduk sampai mengental.
  4. Masukkan air suji, aduk rata lalu dinginkan.
  5. Ambil pisang kepok yang sudah direbus, kemudian masukkan dalam adonan di atas lalu bentuk seperti seperti pisang ambon. Kukus sampai matang.
  6. Untuk bubur sumsum: Tepung beras dan tepung terigu campur bersama gula pasir dan sedikit air, lalu aduk-aduk sampai mengental.

Cara menyajikan:
Susun pisang ijo dan bubur sumsum dalam mangkuk/gelas tambahkan es batu, sirup khas Makassar dan susu kental manis.

Sumber: Paras/No.42/Tahun IV/Maret 2007 (gambar dan resep)

About these ads

33 Tanggapan

  1. nampaknya nikmat banget,

  2. hm… kayaknya enakk…

    klo pisangnya bisa di ganti pisang apa aja????

  3. pisang ijo ala”din punya varian rasa yang beragam resepnya pun berbeda dengan yang asli makasar. untuk informasi lbh lanjut hubungi 085221006074

  4. ah pisang ijo ala”din mah ANEH!!!!!!!!!!!!!.. rasanya aneh..semuanya ANEH… TIDAK HIEGENIS…. masa ada kacangnya..aneh banget tuh..di lidah…masa ada kismis segala sih………. MODIFIKASI GAGAL TUH… rasa kacangnya kayak kacang gosong…….. udah makan pisang ijo tela tilu aja..dijamin HALAL dan LEBIH ENAK , TIDAK ANEH, MODIFIKASINYA SUKSES DAN TENTU SAJA HIEGENIS.. CAMKAN ITU LUKMAN!!!!!!!!!!!!!

    • apakah anda seorang kritikus cooker yang hanya bisa mengkritik tanpa bisa membuat ataupun menghargai hasil karya orang lain dan kalaupun hrs dikritik harusnya anda menggunakan bahasa yang sifatnya membangun dan bukan mencela camkan itu karena itulah ciri khas orang indonesia . terima kasih…

  5. Hmm..di trenggalek jg ad lo yg jualan es pisang ijo,,nikmat bgd..

  6. salam… kayaknya nikmat bgt, mau coba ah…. apalagi dikit lagi Bulan suci Ramadhan, pas bgt nih momentnya
    tapi saya dulu pernah beli and liat penjualnya bikin, pisangnya digulung dengan dadarnya yg hijau, maksudnya dibuat dulu dadar hijaunya baru kemudian pisangnya digulung dengan dadar, kayak lebih enak begitu.. kalau ada sisa bisa dadarnya bisa dihangatkan atau dibuat kue dadar yg dalamnya gula+kelapa…

  7. Kayaknya enak

  8. salam,

    melihat fotonya kayanya enak banget, tapi pada saat saya cek bahan dan cara membuat kok sepertinya ada yang kurang klop/jelas.. ( pisang dimasukkan ke dlam adonan ijo )?

  9. mu nyobain aaaaaahhhhhhhhhh

  10. Buat rizaldi..
    Komenmu aneh
    Nunjukin bgt klo hati km kotor,,
    Sy sbg pmbaca mrasa risi dg tulisn mu

    • Betul itu…kasar bangettt… klo gak doyan tinggal ga usah dimakan,,,selesai,,, kalo mau kasi kritik ya baek2 jangan kasar begitu brooo

  11. kalo untuk saus nya dipakai santan sebagai campuran, apa bisa?

  12. Mungkin lebih enak kalau pake pisang raja…klu asli makassar pasti pakenya itu…trus kuahnya mestinya pake santan dong…

  13. pasti rasanya manis dan legit….. boleh dong nyobain, tp aku gak tau gimana dapetinnya….

  14. Sekedar sharing : tuk kulit dan kuahnya tambahkan sedikit garam, biar rasanya keluar, terus klo kebetulan g ada tepung beras, terigu cukup. pisangnya emang harus pisang raja dan pisang raja di makassar sedikit beda dengan yang ada dicikarang. Tuk kuahnya emang enak pake santan. Oya dimakassar selain suji juga digunakan pandan biar wangi…. Hemm…jadi pengen pulang kampung.

  15. Buat dewi : klo yang di makassar, bahan kulit diratakan pake plastik(kayak bikin kue kering uang dicetak tea) terus masukin pisang dan gulung deh, bentuk kayak yang digambar. Trus biasanya suka lengket jadi setiap pisang ijo sebaiknya dibungkus daun pisang or anything, kukus deh. Bisa juga kulit dibuat dadar gulung, aku pernah makan di bandung. Tapi berhubung lidah makassar, citarasanya enak teknik yang diresep. Semoga sukses ya masaknya….

  16. buat Liazurdi, biarin aja lah rizaldy ngomong gitu, anda tau darimana kalau hati dia kotor? anda seorang psikolog hah? anda pernah memeriksa kejiwaan rizaldy hah?

    kalau emang pendapat dia gak enak ya terima aja, dia udah ngerasain gimana tuh pisang ijo! dan buktinya dia ngerasa gak enak tuh pisang ijo!

    gue justru suka ama kejujuran dia!

  17. wahhh……aq emg lg pengen bgt ma es pisang ijo,,mantabbbbbb………….
    coment buat sarah…..maav nie y gk maksud bela sapa2,menurut gw gk perlu psikolog ahli or orang pinter lainnya,semua jg bisa nilai pantas or gk berkomentar seperti itu,anak SD j dah bisa nilai itu kata2 bgs or gk.kejujuran emg penting n d banggakan.tp,tdk perlu seperti rizaldy,itu bisa mematikan usaha dagang orang…biarin aja orang berkreasi dengan resep masing2.

  18. enak sekali deh ?

  19. wiiiiiih pengeeeen, pernah makan tu, enak sangaaaad.pengen bikin tapi kok ada bahan yang susah ku dapat yah…
    Klo daun suji ga pake gmn?diganti pandan aja enak g?
    Klo sirup makasarnya ga ada gmn?diganti apa yah yang mirip?
    maklum aku ada di ponorog (jawa timur) jadi g lengkap gitu bahan2nya….
    tolong sarannya yah..tengkiuw…

  20. salam sukses…sy berencana menjual pisang ijo aneka rasa (rasa vanila, stroberry, durian dan coklat). tapi sy tidak tau resepnya, tolong dong kirimkan resepnya kalau bisa, makasih sebelumnya..

  21. coba bikin aaaaaaaa.. thanks resepnya..

  22. hem enak yaa

  23. Saran saya, untuk penulis resep ini, agar lebih memperhatikan takaran penggunaan bahan-bahan, seperti contoh, untuk penggunaan 1 pisang dengan celupan bahan 150 g tepung beras +150 tepung terigu + 100 g gula pasir = 400 g bahan hanya untuk satu buah pisang logika nya dimana?? berapa bahan yg akan terbuang??? lalu berapa ml air yg digunakan? ( tidak disebutkan)akan lebih baik apabila penulis memberikan resep diuji coba terlebih dahulu’ thanks!

  24. pengen coba bikin…
    aku pernah makan es pisang ijo di 2 tempat, kok rasanya beda banget antara masing2, kl yg satu, bubur sumsumnya di masukin kulkas dulu jadi dingin& beku gitu sedikit mirip dodol bentuknya, terus
    di lain tempat bubur sumsumnya masih hangat& lembut, enakan yang bubur sumsumnya masih hangat &lembut sih, jadi terasa legitnya..
    pgn nanya krn penasaran,cita rasa makassar yg asli yg mana yah… pisang&bubur sumsumnya hangat trs di makan dengan es atau emang semuanya dingin?

  25. kalau ditambah pakai potongan nangka enak ga ya…

  26. saya ud buka usaha es pisang ijo dicikarang didaerah jababeka samping jmmusic diruko niaga… br buka usaha es pisang ijo byk yang bilang rasanya enak tp saya jg butuh masukan kritik dan saran yg lebih bisa membangun walau itu pahit didengar kuping… jika org bilang enak trus saya jd bingung buat perubahan… silahkan mampir jika teman2 tinggal dekat daerah cikarang “es pisang ijo JB”

  27. enak banget..

  28. Siang siang gini saya jadi pengen :(

  29. gak pke santan, yah gk wuueenaklah….

  30. betul bgt tuh tolong resepnya disempurnakan lagi,biar hasilnya maksimal…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: