Ayam Goreng Ala Mbok Berek

ayam goreng ala mbok berek Bahan:
1 ekor ayam buras, buang kepala dan kakinya
50 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam
2 tangkai serai dimemarkan

Bumbu halus:
8 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1 sendok makan garam

Bahan remahan:
350 ml air rebusan ayam
3 sendok makan tepung beras

Bahan Sambal:
5 butir bawang merah
6 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
1 sendok teh terasi
1 buah tomat
30 gram gula merah
Garam secukupnya
5 sendok makan minyak sisa goreng ayam

Cara membuat:

  1. Rebus ayam di dalam santan, bumbu halus, daun salam, dan serai sampai matang.
  2. Ukur air rebusan ayam 350 ml.
  3. Tambahkan tepung beras. Aduk rata.
  4. Celupkan ayam ke dalam campuran tepung lalu goreng dalam minyak goreng panas hingga kecokelatan.
  5. Sisa tepung digoreng dalam minyak panas. Tuang sedikit-sedikit adonan tepung dalam minyak panas sambil diaduk hingga kecokelatan.
  6. Angkat lalu taburkan ke atas ayam. Hidangkan dengan sambal dan lalap.
  7. Buat sambal: Haluskan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, terasi, tomat, gula merah dan garam. Tumis dalam minyak panas sampai airnya habis.

Tip:
Kalau air rebusan ayam tidak cukup 300 ml, tambahkan sedikit santan untuk memenuhi ukuran tadi.
Merebus ayam dalam santan harus dengan api kecil supaya bumbu meresap ke dalam ayam.

Sumber: Sedap Sekejap (gambar dan resep)

About these ads

15 Tanggapan

  1. bole juga resep nya

    enak lho zoel, gua bilang gitu soalnya dah pernah nyoba..hehehe…

  2. makasih atas resepnya..

    sama-sama…

  3. Jeng, mo nanya nih, waktu ngrebus ayamnya sama santan pake ditambahin air lagi ngga ya? Kan santannya cuman 50ml..

  4. trima kasih atas resep dan penjelasannya plus
    photonya yg bikin ngiler dn pengen mencoba aja ..

  5. lok pngin nyoba langsung dtang aja ke t4na langsung. lokasinya 1km ke arah brat dr candi prmbanan.
    iklan gtu loooh.

  6. kayaknya si enak .. klo di jual laku ga ya?? hehe

  7. wah boleh ni resepnya,, menurut saya yang paling beda dari ayam mbok berek itu kremess nya,, hmm langsung lumer di mulut ^_^

  8. ini aku lg makan ayam goreng ala mbok berek :) enak
    tapi bahan samba;nya aku goreng dulu baru di ulek, habis itu aku goreng lagi dg menambahkan santan kental sedikit .. masak sampai santan hilang.. sedapp :)

  9. woww teryta enak jg stlah ak cb,mantapppp.btw,ad resep lain lg g?

  10. Perlu dicoba

  11. cara bikin kremes dan sambal

  12. Wah ini resep ok bgt , aku hobi bgt sama ayam goreng

  13. kl santany diganti air kelapa gmn?

  14. boleh gx mnt rsp nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: