Gimana bikin Lidah Kucing?

Beberapa waktu lalu ada yang bertanya tentang lidah kucing. Ada resepnya disini dan disini. Pengalaman bikin lidah kucing, alhamdulillah belum pernah gagal dan moga2 tidak gagal selamanya. Umumnya semua resep lidah kucing punya bahan dasar yang sama, tepung terigu, mentega, putih telur dan gula pasir (sebaiknya yang halus). Kalo dengan bahasa jawa medhok, sak mleset-mlesete bikin lidah kucing pakai cara apapun, mestinya tetep akan jadi kue kering dengan bentuk lidah kucing. Itu pengalaman saya sih.:)

Jadi saya pernah bikin memakai dua versi:

  1. Mentega dicairkan dulu. Ditempat lain putih telur dan gula dikocok sampai kental lalu ditambahkan terigu, yang terakhir baru dimasukkan mentega cair. Selesai. Adonan siap disemprot di loyang lidah kucing dan di panggang.
  2. Versi ke-2 ini yang sering dipakai pada umumnya. Sekarang saya juga memakai versi yang ini. Jadi mentega dan gula dikocok dulu sampai kental. Di wadah lain putih telur dikocok sampai mengembang dan kaku. Lalu kocokan mentega dan gula tadi ditambahkan terigu, aduk rata. Terakhir, masukkan putih telur, aduk rata. Adonan siap diberi perlakuan berikutnya.

Hasil kue dari 2 versi tersebut berbeda. Versi kedua teksturnya lebih halus dibandingkan yang pertama. Tapi keduanya sama2 renyah. Selamat mencoba! :)

Tips: Supaya kue gampang lepas dari loyang setelah dipanggang, sebaiknya loyang lidah kucing diberi kertas roti/kertas minyak, lalu oles dengan mentega/margarin.

About these ads

20 Tanggapan

  1. waduh gak tau juga tuh ??? baru denger

  2. [...] Gimana bikin Lidah Kucing? [...]

  3. terima kasih resepnya…saya cobain ya…

  4. cara buat selai nanas..
    kupas nanas..lalu daging nanas di blender atau diparut.
    masak diatas api daging nanas ditambahi gula jawa yang diiris tipis2 biar cepet mencampur dengan nanas dan tambahi gula pasir juga sesuai selera, supaya rasa tajam manisnya kasih sejimpit garam. aduk aduk terus sampe kental.api kecil aja, atau bisa ditambah 1 sendok makan terigu.aduk terus sampe kental, meletup letup..
    angkat.dinginkan . masak sesuai selera.

  5. belum pernah coba bikin lidah kucing…..ngebentuknya syusyah..

  6. Berapa takarannya jeng? saya ni baru mau belajar masak kue…thanks.

  7. sepertinya mudah ya buatnya, tapi kayaknya lebih mudah untuk memakannya ya? btw, thx untuk resep yang udah diberikan…

  8. gambarnya ko ga ada, cam p lang

  9. Kok disebut lidah kucing ya? jadi ngilangin selera

  10. Maca bikinya lidah kucing sich ?,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    Kalo bisa lidah manusia aja laaaaaaaaaaaaaah,khan lebih sedep githu 2.

  11. Memang mantap nie resep lidah kucingnya, bisa di coba di rumah.

  12. Terimakasih resepnya.. semoga saya bisa mencobanya dan berhasil, aamiin.. Jazakillah ..

  13. lidah kucing, nama makanan yang menarik. semoga rasamya juga enak..

  14. kaya nya gampang gampang susah nie bikin nya

  15. makasih atas resepnya :)
    klo diluaran sekarang banyak yang jual lidah kucing rainbow yaah..
    bagus sih lucu diliatnyaa, tp pewanranya itu yang bikin takut hihihi

  16. Makasih sudah berbagi resep

  17. Alhamdulillah kutemukan juga resep ini. terima kasih…. :)

  18. Baru tahu deh cara buat lidah kucing, kayaknya ngajak istri deh buat masaknya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: