Gimana bikin selai nanas untuk kue nastar?

Resep selai nanas ini saya dapat dari tetangga rumah saya yang asli orang bangka. Namanya A mo, ya..dia turunan chinese, ibunya asli chinese n bapaknya orang flores. Saya banyak belajar bikin kue darinya. Saya tanya ke dia, kenapa kebanyakan perempuan bangka pintar bikin kue? Dia jawab dengan jujur:” Karena kami bukan orang sekolahan tante bek (panggilan sayang tetangga2 ke saya :) ), jadi harus pintar di bidang lain (masak memasak).” Hmmm, salut!

Jadi resep ini saya dapat 3 tahun yang lalu. Tidak adatakaran tertentu, dengan kata lain komposisi bahan tidak memakai aturan baku.

Jadi bahannya: Nanas (jangan terlalu matang), gula, garam dan kayu manis.

Cara membuat:

  • Nanas dikupas (kalo suka dengan kulitnya silahkan hehehe….bercanda ya), lalu diparut. Setelah diparut kan banyak tuh cairannya, ada yang bilang diperas alias dibuang airnya. Tapi kata orang bangka itu, jangan dibuang airnya, karena aromanya akan berkurang, rasanya juga menjadi kurang mantap.
  • Kemudian parutan nanas tersebut direbus di wajan, tambahkan kayu manis hingga mengental.
  • Masukkan gula sesuai selera, kalo kurang manis ya tambah lagi gulanya. Kalo terlalu manis? Wah ini yang susah ngurangin gulanya, gimana mau dikurangin la wong sudah nyampur. Mendingan untuk mencegah supaya tidak kelebihan gula, tambahkan sedikit demi sedikit sampai sesuai yang diinginkan. Lalu tambahkan garam sedikit saja. Garam fungsinya untuk pemantap rasa saja. Karena saya pernah kelupaan ngasih garam. Begitu jadi kuenya…kok rasanya ada yang kurang…? Ternyata waktu bikin selai nanasnya, lupa masukin garam.
  • Kalo temen2 pengen lebih segar lagi selai nanasnya, bisa ditambahkan air jeruk lemon. Pasti mantap!

Selamat mencoba! :)

About these ads

63 Tanggapan

  1. semoga akan bisa ternikmati kue2 ramadhan….

    Amiiinnn….:) , biasanya nih, kalo puasa gini pengennya bikin kue macam2 dan yg enak2 untuk hari raya, tapi giliran lebaran tiba, nafsu makan semua makanan dan kue gak sedahsyat nafsu membuatnya :)

  2. THANK’S
    IT’S VERY GOOD

  3. Hai mbak… ( atau gimana panggilan yang pas?)
    Aku udah coba bikin selainya, hasilnya jadilah.. he2
    Gimana cara ngurangi rasa asamnya? aku gak terlalu suka rasa asam.
    Aku pernah tinggal di Bangka 9 tahun. Orang2 di sana emang pada pinter bikin kue. Waktu pertama kali sampe sana, aku malu krn kemampuan bikin kueku dibawah standard. Aku belajar dari tetangga2. Sekarang aku bisa bikin untuk kalangan sendiri. Jadi pengalaman kita sama ya mbak, belajar dari orang Bangka. Thx..

    Retno Sri Utami – Tangerang

  4. hai…mba aku ni kan anak skolah smk jurusan pangan, disekolah ku diajarin bikin selai nenas yang memakai bahan kimia tambahan lain seperti pektin, asam sitrat n glukosa tapi ko hasilnya selalu tidak maksimal…(gatot/ gagal total…)hehe g tau kenapa? tolong dunk mba kasih resep n tips yang baik agar praktek ku bisa berhasillllll thanks ya…………

  5. berguna bgt neh infonya !! thnks ya

  6. selai nanas yang pakai pektin kayanya kurang semantap kalo yang asli yah
    palagi kalo dibikin cookies, pasti rasanya akan jauuu beda…tul gak?
    aku kalo’ bikin selai suka aku tambahin kayu manis ma cengkeh dikiiiit, rasanya makin mannntaaaffff…

  7. Saran saya kalau kurang manis, ya ditambah nanasnya lagi donk. btw makasih infone ya… ni aq dpt oleh-oleh udah mateng, maw di maem semua ‘blenger’. makane pengin ta bikin selai aja..

  8. [...] Gimana bikin selai nanas untuk kue nastar? Ditulis pada September 19, 2008 oleh dewipadi [...]

  9. Saya mau nanya, biasanya kalo buat lidah kucing kan ada cetakannya, yg saya tau cetakan lidah kucing ada yg berbentuk bunga… Dll. Trus gimana dunk? Soalnya saya pernah buat lidah kucing gagal total nih.. Kalo ga pake kertas roti lengket dimana mana.. Akhirnya kebuang deh. Tolong di jawab ya mba…salam kenal.

    • bentuk lidah kucing, ya seperti itu. Tapi kalau kue lidah kucing disamping sudah ada cetakan, bisa dibuat sesuai selera tapi dengan adonan yang sudah ditentukan al.ada yang cuma putih telur,t api ada juga yg pakai sedikit kuning telur.
      Pengopenan beda dengan kue kering lain.
      Untuk lidah kucing: loyang bisa diberi alas kertas roti atau langsung dioles mentega. Loyang yg sudah diberi adonan (yg sudah dicetak), dimasukkan dalam open bagian atas dulu, setelah matang pindah bagian bawah atau tengah.
      Begitu dikeluarkan dari open (setelah matang), LANGSUNG disusruk (bhs.Jawa) dengan alat tipis atau pisau tipis yg diposisikan sedemikian rupa, sehingga kue tidak patah.
      Kue lidah kucing yang baru diangkat dari open, memang lembek sehingga waktu d i”susruk” tidak patah. Tetapi akan menjadi kering kalau sudah dingin, setelah itu baru dimasukkan dalam toples.

  10. lidah kucing itu gampang..
    tinggal ambil kucing 1 ekor…
    lalu potong tipis-tipis lidahnya….
    bumbui…goreng … lalu tiriskan…..

    jika kurang enak atau garing.. tinggal ubah menurut selera anda ..
    silahkan mencoba….

    pasti GAGAL……….

  11. wah pada pinter buat kue nih ada yang tau gak ya buat manisan mangga,soalnya di asrama saya lagi musim mangga nih ,… ditunggu ya

  12. bangka top markotop dey…

  13. ikutan nanya dunk,klo manisan salak gmn?bis di pasming byk salak yang rd asem,aye tggu infonya…thnks

  14. THANK FOR RESEP SELAINYA. NICH MO COBAIN………….?

  15. seneng baca blog ini jadi pintar bikin kue

  16. Aku baru tahu kalau, selai nanas mau lebih enak dan segar pakai perasan air jeruk lemon. Terimakasih tips-nya.

  17. sepertinya enak, mau coba ah.
    Thanks untuk resepnya ya

  18. Mbak, mungkin pertanyaan bodoh nih. hehe.. Kalo pas marut nanasnya itu sampe bonggol2nya juga yah?? Yg ditengah2nya itu.. Kan agak keras yah, saya jd bertanya2. hehehe :p
    Makasih byk nih info nya ditambah jeruk nipis, pengen bikin lagi jadinya..

  19. Oh nggak pakai kelapa ya mbak…saya pikir selai nanas pakai kelapa. Salam kenal

  20. Knp ya…kl sy membuat kue nanas, kok terasa keras? Pa yg salah yah…tlng informasinya ya? Mksh…

  21. yang suka selai nanas pake kulitnya itu pasti pemain debus..hahah. info menarik

  22. makasih untuk resep selai nanasnya…bisa dicoba ( maksudnya dicoba kalo udah jadi…hehehe )btw, salam kenal….

  23. thanks ya mbak,soalnya istri saya lg bingung nih nyari resep bikin selai nenas buat nastar…

  24. Terima kasih atas resepnya, saya mau coba membuatnya untuk kejutan istri saya… salam kenal…

  25. wah mantaaap ni yang kucari.

  26. klo bisa kandungan dari selai nanas tersebut juga di paparkan za, biar q bs lbh thu manfaat selai nanas makasih :)

  27. terima kasih ya,atas resep pembuatan selai nanasnyadi pekanbaru buanyak sekali nenas mantepkan

  28. sangat bermanfaat bagi kami..makasih

  29. wow enak nih!! pengen nyoba juga dehh kalo pas libur kerja

  30. Dzieki za ciekawe informacje

  31. nice info. jd laper neh. hehe :D

  32. kue kesukaanku…jd pengen buat…makasih infonya…

  33. nice article…thank’s….

  34. terimakasih tipsnya….

  35. wah ternyata mudah banget ya bikin selai nenas…thanks infonya….

  36. Dear mba Tante Baek,… :D♓ê◦°◦<=-P♓ê◦°◦\=D/♓ê◦°◦<=-P♓ê◦°◦:D
    Makasih banget atas info yg sangat bermanfaat dan sdh lama mencari resep yg pas kayak gini,… Tks yach Tante Baek :*

  37. wah bisa coba ni :)

  38. Salama kenal ,numpang baca-baca resepnya Mbak

  39. Salam kenal m bek…sy jg hoby bikin kue n resepnya bermanfaat, mau langsung dicoba di dapur…

  40. artikelnya bermanfaat dan menarik,,trima ksh yah slm kenal

  41. Thanks resepnya. Pingin coba nih..

  42. wah ternyata seperti itu yah ?

  43. kalo cara bikin selai melon gimana ya?

  44. Terima kasih atas infonya, Semoga Sukses dan senantiasa dalam keadaan sehat serta dilindungi oleh Tuhan yang Maha Esa

  45. gulanya gula apa? gula pasir atau gula merah??

  46. :*Thåñk ♈öu:*​ nih uda sharing resepnya. Mu tny kalo nanasnya pake nanas kaleng siap pakai bisa ga sis? O ya kalo bisa tolong sekalian share resep nastar asli bangka nya dong. Pasti maknyus!

  47. Mksh mba,
    Saya jadi semangat nie belajar bikin kuenya,pa lagi saya di tuntut pintr msak ma clon suami

  48. ntar lebaran … tak coba bikin nastar. yang enak pake peresan jeruk lemon toh.. sip

  49. thanks resepnya…

  50. Masukan lagi nih tan, kalo mau lebih mantap tambahkan cengkeh, karena cengkeh sebagai bumbu penguat rasa, jadi rasa si selai nanas selain enak juga haruuummm nikmat.
    Selamat mencoba yaaa :)

    salam kenal

  51. pasti nyummi ni, saya mau bikin juga dirumah
    terima kasih mbak buat resep kue nastar ini .. :)

  52. berguna banget resep selai nanasnya

  53. Berguna jga resepnya apa lgi bgi orang” lgi pengen blajar buat kue nastar…

  54. sangat berguna resepnya :)

  55. I like it.infony sangat bermanfaat..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: